Kenapa Komentar Saya di Blog dihapus?

Hal yang perlu dihindari saat berkomentar
Berkomentar pada sebuah blog, dengan meninggalkan link berserta keyword tertentu sering kali kita gunakan sebagai salah satu usaha guna mencari backlink. Namun bagi sebagian orang yang kurang bertanggungjawab, kegiatan mencari backlink melalui media berkomentar justru merusak fungsi dari fitur kotak komentar. Ya! Orang-orang tersebut telah merubah fitur kotak komentar menjadi ladang spam yang tentunya sangat merugikan bagi pemilik blog karena dapat berdampak pada SEO dan menurunnya traffic. Menurut EgaMagz, tujuan dari berkomentar seharusnya ialah untuk menyampaikan respon yang sesuai dengan isi artikel. Berkomentar dapat pula menjadi media untuk berdiskusi antara para pengunjung blog dengan si pemilik blog atas suatu permasalahan tertentu.

Meskipun link pada bagian komentar memiliki atribut rel="nofollow" namun bagi sebagian orang link nofollow ini pun menjadi sasaran untuk mengumpulkan backlink. Hal ini tentu dengan pertimbangan bahwa Google sebenarnya masih memperhatikan banyak link beratribut rel="nofollow" sebagai backlink. Hal ini dapat dibuktikan ketika kita membuka Google Webmaster Tools, dibagian "links to your site" kita dapat melihat bahwa ada banyak backlink dari blog maupun website yang sifatnya nofollow. Menyikapi hal tersebut, EgaMagz ingin sekaligus menyampaikan comment policy sebagai usaha untuk mencegah adanya komentar-komentar yang dibuat dengan asal-asalan dan menjadi spam yang akhirnya merugikan. Tentunya sobat EgaMagz juga tidak ingin mengalaminya kan?

Oke, langsung saja berikut ini adalah beberapa hal yang menurut EgaMagz sebaiknya dihindari khususnya saat anda berkomentar di blog EgaMagz ini, atau komentar anda akan saya hapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika masih nekat melanggar ketentuan berikut...

1. Meninggalkan link dalam isi komentar

2. Komentar berisi basa basi dan tidak berhubungan dengan isi artikel
Jika tidak ada yang ingin disampaikan, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri untuk berkomentar. Contoh komentar basa basi : pertamax, thx udah berbagi, blogwalking gan, dll. Oiya, sekalipun komentar yang diberikan berhubungan dengan isi artikel, namun EgaMagz tidak setuju jika kotak komentar digunakan sebagai media untuk berpromosi.

3. Menggunakan caps lock, huruf tebal, atau huruf miring
Penggunaan caps lock yang berlebihan dan tidak pada tempatnya dapat menyinggung perasaan orang lain. Penggunaan huruf tebal atau miring erat kaitannya dengan penekanan kata tertentu, yang tentu saja tidak berhubungan dengan isi artikel.

4. Nama komentator bersifat spam
Sebaiknya gunakan nama asli atau minimal nama blog sebagai nama komentator.

5. Komentar berkaitain dengan SARA maupun pornografi

Itulah beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat berkomentar, baik di blog EgaMagz ini maupun di blog lain. EgaMagz juga terbuka terhadap saran-saran mengenai etika dan sopan santun dalam berkomentar. Mari yang ingin berpartisipasi dapat ikut berkomentar...



Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Klik link "Subscribe by email" untuk mengetahui adanya balasan. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung saya hapus. Terimakasih.


0 comments: