Perbandingan Kakao Talk, Whatsapp, Line dan WeChat!

Perbandingan Kakao Talk, Whatsapp, Line dan WeChat - Oke, kali ini EgaMagz mau sedikit curhat. Sabagai pengguna smartphone, akhir-akhir ini EgaMagz dibuat pusing oleh munculnya beberapa layanan instant messaging lintas platform mobile yang kelihatannya dalam waktu singkat dapat menjadi sangat populer. Ya! Mulai dari Whatsapp, Line, Kakao Talk hingga WeChat rasanya saat ini sedang bersaing ketat dalam memperebutkan perhatian para pengguna smartphone. 4 Aplikasi instant messaging tersebut saat ini kelihataannya paling rajin dalam hal promosi, baik melalui iklan maupun media massa. Semua mengklaim memiliki layanan yang lebih unggul dibanding yang lain. Nah, sebenarnya instant messaging mana yang paling unggul? Mari kita sama-sama simak ulasan berikut mengenai perbandingan Kakao Talk, Whatsapp, Line dan WeChat berikut ini...

Perbandingan Line, Kakao Talk, WhatsApp, WeChat

1. WhatsApp
Mulai dari yang pertama kali populer di Indonesia. WhatsApp dibesut oleh mantan punggawa Yahoo Brian Acton dan Jan Koum. WhatsApp mencoba mencuri perhatian pengguna smartphone karena dapat mengungguli BlackBerry Messenger ( BBM ) yang memiliki keterbatasan karena hadir diplatform BlackBerry saja. Baik WhatsApp maupun BBM memiliki fitur yang mirip, yaitu hanya bisa saling bertukar pesan, gambar, suara dan membuat grup chatting namun WhatsApp dapat berjalan diplatform Android, iOS, BlackBerry, Symbian, S40, BlackBerry OS, BlackBerry 10 dan Windows Phone. Group chat dibatasi hanya 30 nomor dan tidak ada yang bisa menambahkan nomor selain admin ( pembuat group ). Berbeda dengan BBM yang berbasis PIN, WhatsApp berbasis nomor telepon yang didaftarkan.

2. Line
Setelah beberapa waktu, teman-teman EgaMagz mulai menggunakan aplikasi Line. Line dapat berjalan diplatform iOS, Android, BlackBerry, serta PC. Line terkenal karena memiliki fitur sticker, yaitu semacam animasi lucu yang dapat dikirim ke pengguna lain. Selain itu sesama anggota Line dapat saling menelpon dengan berbasis VoiP (Voice Internet Protocol). Fitur lain yang sedikit membedakan Line dari aplikasi yang lain yaitu pengguna Line dapat mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum. Timeline merupakan fitur lain yang ditawarkan kepada para pengguna Line. Kita dapat menuliskan apa yang ada dipikiran seperti kita menulis status di Facebook. Selain itu, karena lintas platform maka sesama pengguna Line dapat bermain game secara bersamaan.

3. Kakao Talk
Selanjutnya muncul Kakao Talk. Berasal dari Korea Selatan, Kakao Talk dapat berjalan diplatform iOS, Android dan BlackBerry. Selain berbagi pesan dan gambar, pengguna Kakao Talk dapat menelepon gratis berbasis VoIP secara bersamaan tanpa batas. Kualitas suara yang dihasilkan saat free call bergantung pada kualitas internet yang digunakan serta jumlah anggota yang ikut menelepon. Fitur Kakao tidak selengkap Line. Namun Kakao Talk memiliki Item Shop yang menjual sticker bercitarasa lokal. Misalnya seperti sticker lucu dari Pocong.

4. WeChat
WeChat dikembangkan di China. WeChat memiliki fitur berbagi pesan, emoticon, dan telepon berbasis VoiP. Seperti Line, dengan WeChat kita dapat berbagi aktivitas yang sedang kita kerjakan dengan adanya Timeline. Dapat berjalan di platform iOS, Android, Blackberry, Symbian, dan PC. WeChat memiliki fitur lain daripada yang lain yaitu fitur Look Around. Dengan fitur Look Aroung, kita sebagai pengguna WeChat dapat mencari sesama pengguna WeChat lainnya di lokasi tempat kita berada. WeChat juga memberikan kemudahan bagi kita yang ingin berpindah ke PC, karena kita tidak perlu mendownload WeChat versi desktop. Cukup scan QR code maka kita langsung dapat berpindah ke PC.

Nah itulah perbandingan antara Kakao Talk, Whatsapp, Line dan WeChat menurut EgaMagz. Bagaimana dengan sobat EgaMagz nih? Aplikasi mana yang menjadi favorit kalian? Yuk berbagi cerita dengan mengisi kotak komentar di bawah ini...



Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Klik link "Subscribe by email" untuk mengetahui adanya balasan. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung saya hapus. Terimakasih.


0 comments: