Cara Membuat Daftar Isi di Blogspot

Cara Membuat Daftar Isi Blogspot
Daftar isi atau sitemap pada sebuah blog memiliki peranan yang penting. Daftar isi yang EgaMagz maksud disini ialah sebuah sitemap yang isinya digenerasikan dari url sitemap feed. Berbeda dengan sitemap blog di search engine yang memiliki fungsi untuk mempermudah pemetaan isi blog yang dilakukan oleh search engine, sitemap yang EgaMagz bahas ini memiliki fungsi sebagai sebuah navigasi bagi para pengunjung yang memetakan seluruh isi dari sebuah blog dalam suatu halaman khusus. Dengan memiliki halaman khusus yang berisi daftar isi, pengunjung tentu akan terbantu dalam menelusur blog anda. Selain itu andapun berpeluang mendapat peningkatan jumlah pageview.

Pada postingan cara membuat daftar isi (sitemap) di blogspot (blogger) ini, daftar isi akan dibuat dengan javascript dan dapat langsung anda gunakan. Ada 2 tipe daftar isi yang akan EgaMagz berikan, yang pertama daftar isi yang menampilkan judul-judul postingan berdasarkan label. Pada tipe ini postingan yang tidak memiliki label tidak akan tampil pada daftar isi. Oleh karena itu semua postingan wajib memiliki label. Sedangkan untuk tipe yang kedua, daftar isi akan menampilkan judul-judul postingan berdasarkan bulan dimana postingan tersebut dipublikasikan.

Cara membuat daftar isi (sitemap) blog pada blogger/blogspot :
  1. Buatlah halaman postingan baru, sebaiknya berupa halaman statis. Kemudian beri judul, misal : "Sitemap Blog".  
    Dashboard > Laman > Laman Baru
  2. Pada bagian kiri atas, terdapat tombol "Compose" dan "HTML". Klik "HTML" dan masukkan script berikut :
  3. <script src="http://yourjavascript.com/18113981113/bukarahasiablog-toc.js"> </script> <script src="http://egamagz.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"> </script>
    Script diatas dapat digunakan bagi anda yang ingin menampilkan judul postingan berdasarkan label. 
     <div style="margin-left: 1em; margin-right: 1em; text-align: left;"> <script src="http://yourjavascript.com/11022161853/Sitemap.js"> </script> <script src="http://egamagz.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"> </script> </div>
    Script diatas dapat digunakan bagi anda yang ingin menampilkan judul postingan berdasarkan bulan.
    Jangan lupa untuk mengganti http://egamagz.blogspot.com dengan url blog atau website anda.
  4. Klik "Pratinjau" untuk melihat hasilnya sebelum dipublikasikan.
  5. Jika sudah oke, klik "Publikasikan".
  6. Pasang link halaman tersebut, misalnya dibagian Menu > Sitemap atau ditempat yang diinginkan.
  7. Dan... Selesai...
Selamat mencoba...



Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Klik link "Subscribe by email" untuk mengetahui adanya balasan. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung saya hapus. Terimakasih.


2 comments:

  1. Artikelnya bagus gan, maju terus sering-sering update ya gan.
    O yaa gan, bloog agn udh ane follow, jika brknan follback blog saya.ya.
    http://b-pemrograman.blogspot.com/

    ReplyDelete