Cara Menambahkan Gadget Follower pada Blogger

Cara Memasang Widget Followers Blogspot

Kali ini EgaMagz ingin sedikit berbagi cerita ni. Beberapa waktu yang lalu EgaMagz sempat kepikiran untuk menambahkan (memasang) gadget follower atau yang biasa disebut Google Friend Connect ( GFC ). Yang tampilannya seperti dibawah ini :

Seingat EgaMagz, dulu gadget ini dapat langsung dipasang setelah kita memilihnya dalam kotak "Tambah Gadget" saat kita berada di "Tata Letak". Tapi setelah EgaMagz cari-cari ternyata gadget tersebut sudah tidak ada lagi. Usut punya usut ternyata gadget folower Google Friend Connect ( GFC ) telah ditarik oleh Google sekitar 1 tahun yang lalu. Gadget follower Google Friend Connect ( GFC ) yang dulu dapat dengan mudah ditemui di dalam daftar gadget blogger, sekarang telah diganti menjadi gadget Google+ Follower. Bagi pengguna lama yang telah memasang gadget ini, mereka masih tetap dapat menggunakannya. Namun bagaimana dengan mereka pengguna baru yang ingin memasang gadget folower Google Friend Connect ( GFC ) ini?

Ingin mengetahui caranya? Ikuti Langkah berikut Cara Menambahkan Gadget Follower pada Blogger.

1. Masuk ke Dashboard - Tata Letak - Add a Gadget. Klik "Tambahkan Gadget" di mana anda ingin menambahkan gadget folower Google Friend Connect ( GFC ) ini. Kemudian cari gedget HTML/Javascript, klik pada tanda plus (+) dibagian kanan untuk menambahkan gadget tersebut.
Pasang Widget Follower untuk SEO Anda
2. Setelah itu akan muncul jendela baru, nah pada jendela baru ini anda hanya cukup meng-copy url yang ada di address bar. Kemudian tutup jendela tersebut. url EgaMagz yaitu :
http://www.blogger.com/rearrange?blogID=3005375866411758997&sectionId=sidebar2&action=edit
Widget&widgetType=HTML&referrer=directory.

3. Pastekan url tersebut ke text editor ( Notepad, MS Word, atau yang lain ), kemudian cari 'widgetType=HTML' dan ganti dengan 'widgetType=Followers'. url milik EgaMagz jadi http://www.blogger.com/rearrange?blogID=3005375866411758997&sectionId=sidebar2&action=edit
Widget&widgetType=Followers&referrer=directory.
Tampilkan Kembali Gadget Follower Google Friend Connect ( GFC )
4. Buka tab baru pada browser anda, lalu copy kembali url tersebut ke address bar dan tekan 'Enter' maka akan muncul gambar berikut pada browser anda. Klik 'Save' atau 'Simpan' dan anda akan dibawa kembali pada tampilan "Tata Letak" blog anda dengan gadget folower Google Friend Connect ( GFC ) telah terpasang di tempat yang anda pilih sebelumnya.
5. Anda dapat langsung melihat gadget tersebut telah terpasang di blog anda. Selesai.

Selamat mencoba...


Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Klik link "Subscribe by email" untuk mengetahui adanya balasan. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung saya hapus. Terimakasih.


4 comments: